Tips and tricks online games, Android smartphones, computer tablets, and mobile devices applications

Cara Main AOE 2 Online (2)

Age of Empires 2 dapat dimainkan online oleh banyak pemain menggunakan program Game Ranger. Program ini dapat menghubungkan berbagai game supaya dapat dimainkan multiplayer online. Untuk dapat menghubungkan setiap pemain dari berbagai wilayah, terlebih dahulu program Game Ranger dan AOE 2 harus sudah ter-install bersama patch-nya di Komputer.

Permainan AOE2, meskipun merupakan game yang sudah tua namun para penggemarnya justru semakin banyak. Hal ini dapat Anda lihat ketika login ke Game Ranger.

Cara menggunakan Game Ranger untuk menghububungkan para player di seluruh dunia.
  1. Install Game Age of Empires 2 di komputer Anda
  2. Download Patch AOE 2 kemudian intsall di komputer
  3. Download Game Ranger kemudian install
  4. Buka program Game Ranger pada Start menu atau dengan cara double click Icon Game Ranger di Desktop. Lakukan pendaftaran dengan memasukan alamat email yang valid untuk konfirmasi jika Anda belum mendaftar.

    Game Ranger
  5. Pada jendela sebelah kiri terlihat permainan online apa saya yang sedang dimainkan di seluruh dunia yang terhubung di Game Ranger.
  6. Masih di jendela yang sama, warna kuning, merah, orange, hijau, atau kosong menunjukan  ping terhadap pemain lain yang sedang membuka (host) game online tersebut. Koneksi paling baik adalah ping warna hijau, kedua orange, ketiga merah, dan terakhir (koneksi paling jelek) adalah tanpa warna (polos). 
  7. Di jendela sebelah kanan terdapat Friend List, di sinilah teman kita yang sedang online atau offline dapat diketahui. Jika berada di kolom atas artinya teman kita sedang online. Jika berwarna hijau penuh artinya sedang memainkan sebuah game dan tidak bisa diganggu dengan chatting atau mengirim pesan. Jika berwarna lingkaran hijau (tidak penuh) artinya teman kita sedang membuka sebuah room (host) tetapi permainan belum dimulai, biasanya sedang menunggu player lain.
  8. Tombol Host berfungsi untuk membuat room sendiri, bisa dengan atau tanpa password.
  9. Untuk bergabung dengan permainan lain yang sedang dibuka (belum dimainkan), double clik saja salah satu permainan tersebut dengan catatan game tersebut terlebih dahulu sudah ter-install di komputer kita.
  10. Khusus untuk Game AOE2, sebelum bergabung dengan host yang ada, terlebih dahulu harus dilihat versi AOE tersebut. Gunakan Patch AOE2 untuk menyamakan versi (AOE2 Ver 1.0E dan versi 1.0C). Jika berbeda versi maka game tidak dapat dimaikan multiplayer.
  11. Jika di sebuah room terdapat player dengan huruf miring (Italic) artinya koneksi dengan player yang bersangkutan jelek dan permainan akan banyak lag (tidak lancar), bahkan mungkin tidak dapat dimainkan sama sekali.
  12. Untuk menambahkan teman, klik kanan orang yang bersangkutan kemudian klik Add Friend.
  13. Untuk melihat dari negara mana pemain berasal, klik kanan pemain tersebut kemudian klik info.
Sekian dulu, semoga bermanfaat.
Selamat Bermain.