Tips and tricks online games, Android smartphones, computer tablets, and mobile devices applications

Teknik Dasar AOE 2

Teknik dasar AOE 2 / AOK II ini cukup baik diterapkan pada peta random map atau random land map. Di antara teknik dasar AOE 2 tersebut adalah:

Cara memancing babi hutan (Boar)
Kebanyakan para pemain AOE 2 pemula (seperti saya sendiri) kehilangan waktu ketika mengumpulkan food dengan berburu babi hutan oleh banyak villager sekaligus atau dengan membangun mill di dekat babi tersebut padahal jaraknya cukup jauh dari Town Center (TC). Padahal untuk membangun mills membutuhkan wood 100, ini kurang baik jika dilakukan pada awal permainan. Berikut ini adalah strategi yang sebaiknya dilakukan pada awal permainan, yaitu pada zaman Dark Age. Scout (penjelajah) berperan mengekplorasi peta dan mencari resource terdekat terlebih dahulu.
  1. Segera setelah scout menemukan babi dan villager sedang mengumpulkan food dari domba atau kalkun, tandai dengan bendera (klik TC kemudian klik kanan daerah sekitar babi) dan beri nomor villager tersebut misalnya no.4 (klik villager tersebut kemudian tekan ctrl+4).
  2. Bangun sebuah rumah (tekan B kemudian E) di dekat babi yang akan diburu. Sebaiknya dilakukan setelah upgrade Loom di TC agar villager lebih kuat.
  3. Segera setelah terdengar suara rumah beres dibangun, tekan angka 4 dua kali untuk beralih ke villager yang tadi ditandai, kemudian panahlah babi tersebut 2x (tidak boleh kurang) setelah itu segera kembali ke TC agar babi tersebut mengikutinya.
  4. Panahlah babi tersebut sesampainya di dekat TC oleh villager yang sedang mengambil domba atau kalkun (ingat simpan dulu semua food ke TC karena jika tidak, akan kehilangan food sekitar 60). Villager dengan tanda no.4 (bukan villager ke empat) yang masih di dalam TC boleh ikut memanah babi tersebut 1 sampai 2 kali dengan catatan babi tersebut jangan sampai mati oleh TC karena jika matinya oleh TC akan kehilangan food dari babi tersebut.
  5. Jika kehabisan food untuk bikin villager, saat itu juga semua villager yang sedang mengambil daging babi harus menyetorkan food tersebut ke TC dan kembali lagi ke babi yang belum habis.
  6. Ulangi langkah di atas untuk babi yang kedua. Atur waktu yang tepat dengan melihat sisa food pada babi tersebut, perhitungkan waktu yang akan digunakan villager untuk berjalan ke arah babi kedua, membangun sebuah rumah dan memancing babi tersebut ke arah TC.

Dasar-dasar permainan
Tip dan trik Age of Empires II pada awal permainan :
  1. Hotkeys : Setiap hotkeys yang ada sapat diubah sesuka pemain pada menu option. Hotkeys berfungsi untuk mempercepat proses instruksi atau view ketika bermain, contoh : tombol H untuk kembali ke TC, tombol C untuk bikin villager, B+E (Tekan B kemudian E) untuk membangun rumah dan sebagainya (bisa dilihat saat permainan atau pada menu option-hotkeys).
  2. Buatlah Town Center (TC) dan buatlah villager terus menerus. Pda zaman Castle Age sebaiknya villager dibikin terus menerus.
  3. Exploring/ Scouting : Gunakan kuda scout atau Eagle Warrior (Aztecs dan Mayans) untuk menjelajah daerah yang masih gelap, utamakan daerah sekitar TC terlebih dahulu untuk mencari resource yang ada seperti Gold, Stone, dan babi. Selanjutnya jelajah daerah sekitar TC musuh.
  4. Tandai oponen-oponen penting dengan menekan tombol CTRL+No..., hal ini sangat penting untuk mempercepat control oponen tersebut saat bermain tidak dengan scrolling screen yang terlalu lama. Contoh CTRL+1 = Scout, CTRL+2 =TC, CTRL+3 villager ke domba dan seterusnya. Ketika pemain menekan angka 1 dua kali, maka Scout akan segera terlihat, kalau tidak berarti scout tersebut sudah mati, jika kita tekan angka 2 dua kali, maka TC akan terlihat, begitu seterusnya.
  5. Usahakan tidak ada villager yang diam, tekan tanda titik untuk melihatnya.
  6. Tetaplah bermain, jangan sampai resign  (menyerah) walaupun diperkirakan akan kalah. Setelah itu lihat kembali record-nya untuk menemukan kelemahan kita dan kelebihan lawan.
  7. Jika pemain mengubah aktifitas resource villager, usahakan simpan dulu apa yang sedang dikerjakan supaya tidak kehilangan resource tersebut. 
  8. Dengarkan efek suara saat bermain seperti suara selesai membangun sebuah gedung, kehabisan bibit di mill, diserang musuh, dan sebagainya.
  9. Kumpulkan relic dan sipan di monastery agar menghasilkan gold terus-menerus.
  10. Sumber gold/ emas lain : relic, trade, menjual recource lain, dan minta ke teman/ Aly.

Ekonomi Dasar

Tehnik dasar AOE II yang satu ini berguna untuk membuat pasukan lebih banyak dan lebih kuat.
  1. Dapatkan food gratis terlebih dahulu seperti babi, domba, kalkun, ikan dan berry. 
  2. Jika kita kehabisan food untuk bikin villager, jangan menunggu villager habis dengan buruannya, tetapi segera masukan villager tersebut ke TC waktu itu juga, kemudian kembalikan ke buruannya tadi sehingga TC tetap sibuk.
  3. Jangan membuat villager berjalan terlalu jauh pada sumbernya.
  4. Upgrade Wheel Barrow di TC sesegera mungkin, jangan menunggu sampai sawah (Farm) 10 buah.
  5. Lakukan upgrade zaman segera setelah mencapai batas minimum food kurang lebih setelah jumlah villager 23-27.
Semua informasi tehnik dasar AOE 2 ini diperoleh dari para master, saya sendiri hanya ingin berbagi informasi khususnya bagi pecinta Age of Empire 2 (AOE 2).