Photo credit: Wikipedia |
Cara bermain Rubik's Cube 3x3x3 adalah menyusun (solve) kubus kecil agar setiap sisi permukaan rubik memiliki warna yang sama. Untuk menentukan pemenang dalam permainan rubik biasanya dihitung dalam waktu. Siapa yang dapat menyelesaikan rubik (yang telah diacak/di-scramble) dengan waktu tercepat, itulah pemenangnya.
Untuk menghitung waktu ketika permainan dimulai dapat menggunakan stopwatch rubik online di cubetimer.com atau dapat menggunakan software pewaktu offline MyCubeTimer.
Untuk menyelesaikan rubik (solve) diperlukan beberapa algoritma dan notasi-notasi standar untuk mempermudah pembacaan.
Istilah-istilah dalam permainan rubik.
- Rubik's Cube : Kubus Rubik's
- Scrabled : Diacak
- Solved : Rubik tersusun rapi sesuai masing-masik warna setiap sisi kubus
- Algoritma : Rumus atau formula untuk menyelesaikan rubik
- Center Pieces : Bagian tengah Rubik yang hanya memiliki 1 warna saja biasanya dijadikan poros untuk memutar sisi Rubik. Jumlahnya ada 6.
- Edge Pieces : Sisi Rubik yang memiliki 2 warna, letaknya di bagian tepi, digunakan untuk membatasi sisi yg satu dengan sisi lainya. Jumlahnya ada 12
- Corner Pieces : Sisi Rubik yg memiliki 3 warna, letaknya di bagian sudut. Jumlahnya ada 8
- Notasi : Tanda berupa simbol huru untuk menentukan arah putar sisi rubik seperti
F : Front, sisi depan diputar searah jarum jam
F' : Front aksen, sisi depan rubik diputar berlawanan arah jarum jam
B: Back, sisi belakang diputar searah jarum jam
B' : Back aken, sisi belakang rubik diputar berlawanan arah jarum jam
U : Up, sisi atas rubik diputar searah jaru jam
U' : Up aksen, Sisi atas rubik diputar berlawanan arah jarum jam
D : Down, sisi bawah rubik diputar searah jarum jam
D' : D aksen, sisi bawah rubik diputar berlawanan arah jarum jam
R : Right, sisi kanan rubik diputar searah jarum jam
R' : Right aksen, sisi kanan rubik diputar searah jarum jam
L : Left, sisi kiri rubik diputar searah jarum jam
L' : Left aksen, sisi kiri rubik diputar berlawan arah jarum jam
M : Middle, bagian tengah rubik diputar searah jarum jam
M' : Middle aksen, bagian tengah rubik diputar berlawanan arah jarum jam
r : Dua sisi kanan diputar sekaligus searah jarum jam
r' Dua sisi kanan sekaligus diputar berlawanan arah jarum jam
l : Dua sisi kiri diputar sekaligus searah jarum jam
l' : Dua sisi kiri diputar sekaligus berlawanan arah jarum jam
R2 : Memutar sisi kanan rubik sebanyak 2X
U2 : Memutar sisi atas rubik sebanyak 2X
x : Memutar kubus rubik pada sumbu "X" searah jarum jam
y' : Memutar kubus rubik pada sumbu "Y" berlawanan arah jarum jam
Dan sebagainya. - Piece: Kotak-kotak kecil pada kubus rubik. Pada rubik 3x3x3 setiap sisi mempunyai sembilan piece
- Stiker : Warna piece rubik
- BlindFolded Solving (BLD) : Menyelesaikan rubik dengan mata terutup
- BlindFolded Solving (Multi BLD) : Menyelesaikan rubik dengan mata tertutup sebanyak lebih dari satu rubik's cube
- SET-UP MOVE : Gerakan untuk memindahkan piece ketempat yang akan ditembak (Shoot) sebagai Buffer Piece pada BLD Rubik's
- UNDO SET-UP : Gerakan mengembalikan posisi ke kondisi sebelumnya (sebelum SET-UP MOVE) pada BLD Rubik's
- Buffer piece : Posisi stiker yang akan ditembak
- Buffer Position : Posisi stiker yanga akan menembak
- Speedcubing/speedsolving : Menyelesaikan rubik secepat mungkin
- One Handed Solving : Menyelesaikan kubus rubik dengan satu tangan
Rubik Online